Selasa, 28 September 2010

E-commerce

Pada bagian ini saya mendapatkan tugas dari dosen untuk mencari tahu tentang E-commerce..hemm saya berpikir nampaknya ini materi yang lumayan menyenangkan karena menurut saya ini transaksi dalam internet dan lagi menjadi trend di masyarakat sekarang..well saya mencari tahu tentang materi E-commerce di “mbah gugel” alias Google..hehe..okelah tanpa panjang lebar sekarang saya akan langsung memberitahu tentang E-commerce..

E-commerce
Yaa pada awal ini saya akan memberitahu tentang pengertian E-commerce.
Pengertian E-commerce
E-commerce secara umum dapat diartikan sebagai proses transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet.
E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik..
Itu sedikit pengertian tentang E-commerce dan di bagian ke dua saya akan memberitahu faktor pendukung E-commerce.
Faktor pendukung E-commerce :
1. Cakupan yang luas
2. Proses transaksi yang cepat
3. E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
4. E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
5. E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat

Nah di bagian ke tiga ini saya akan memberitahu karakteristik E-commerce :
• Terjadinya transaksi antar dua belah pihak
• Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi
• Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

Di bagian ke empat saya akan memberitahu tentang Klasifikasi E-commerce :

• Consumer-to-consumer (C2C). Dalam kategori ini, seorang konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya. Contohnya adalah ketika ada perorangan yang melakukan penjualan di classified ads (misalnya,www.classified2000.com) dan menjual properti rumah hunian, mobil, dan sebagainya. Mengiklankan jasa pribadi di internet serta menjual pengetahuan dan keahlian merupakan contoh lain C2C. sejumlah situs pelelangan memungkinkan perorangan untuk memasukkan item-item agar disertakan dalam pelelangan. Akhirnya, banyak perseorangan yang menggunakan intranet dan jaringan organisasi untuk mengiklankan item-item yang akan dijual atau juga menawarkan aneka jasa. Contoh lain yang terkenal adalah eBay.com, yaitu perusahaan lelang.
• Nonbusiness E-Commerce. Dewasa ini makin banyak jumlah lembaga non-bisnis seperti lembaga akademis, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan lembaga-lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya (misalnya, memperbaiki purchasing) atau untuk meningkatkan operasi dan layanan pablik.
• Business-to-business (B2B). Kebanyakan E-Commerce yang diterapkan saat ini merupakan tipe B2B. E-Commerce tipe ini meliputi transaksi IOS yang digambarkan tadi serta transaksi antar organisasi yang dilakukan di electronic market. Contohnya Wal-Mart dengan Warner-Lambert.
• Business-to-consumer (B2C). Ini merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan. Pembeli khas di Amazon.com adalah seorang konsumen, atau seorang pelanggan. Contoh yang lain, misalnya Barnes & Nobles, Cisco, Dell, Compaq dan sebagainya.
• Consumer-to-business (C2B). Termasuk ke dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk-produk atau layanan ke organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi.

Manfaat E-commerce bagi konsumen :
• Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
• Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
• Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
• Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
• Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.
• Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
• Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
• Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
Manfaat E-commerce bagi masyarakat
• Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
• Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
• Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
• Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkau pasien di daerah pedesaan.
Manfaat E-commerce bagi bisnis :
• Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
• e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Menurut saya secara ringkas manfaat E-commerce adalah sebagai berikut :
Bagi konsumen : Harga lebih murah,,belanja cukup pada satu tempat.
Bagi Produsen : Efisiensi,,tanpa kesalahan,,tepat waktu.
Bagi Manajemen : Meningkatan pendapatan,,loyalitas pelanggan.

Ya setiap sistem pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan..setelah saya menjelaskan kelebihannya,saya akan menjelaskan kekurangannya..Dan inilah kekurangan E-commerce :
1. Tampilannya sederhana
2. Barang yang di jual tidak semua di tampilkan
3. Tampilan produknya kurang jelas
4. Tampilan kurang lengkap
5. Kurang aman dalam melakukan transaksi
6. Harga terkadang tidak sesuai


Referensi :
1. Download di http://kholil.staff.uns.ac.id/files/2009/03/e-commerce-k-05.ppt
2. Download di http://elearning.amikom.ac.id/index.php/download/materi/190302001-ST108-1/2009/11/20091121_E-COMMERCE-1.ppt
3. http://ikhsan-ai.it-kosongsatu.com/2010/05/manfaat-e-commerce-dan-kelemahannya/
4. http://ippieq.wordpress.com/2008/08/07/3-kekurangan-e-commerce-dan-bagaimana-seharusnya/
5. http://www.gahara88.co.cc/2010/03/kelebihan-e-commerce-meningkatkan.html

Nama : Dito Prasetyo
Kelas : 2 DB 20
NPM : 34109010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar